Perasaan

Baru-baru ini saya mendapat kabar bahwa istri teman saya ini sudah positif hamil. Waktu dia cerita, saya bisa merasakan kegembiraan yang amat sangat. Terlihat dari gestur tubuhnya, matanya hingga susunan kalimat yang diucapkannya. Saya sendiri pun ikut senang sekali melihat kabar baik ini.

Kemudian terfikirlah, bagaimana dulu orang tua pasti merasa senang atas berita hamilnya saya ini. Iya, orang tua kita merasa senang sekali bahkan sebelum kita datang di dunia ini. Orang tua kita selalu menanti dengan penuh rasa sayang kabar baik tentang diri kita.

Kapan dia lahir? kapan matanya terbuka? kapan dia bisa bicara? kapan dia bisa berjalan? kapan dia mandiri? kapan dia pulang sekolah? dan seterusnya.

Perasaan orang tua ini adalah anugerah dari Allah SWT dan memang tidak bisa dibuat-buat. Perasaan itulah salah satu hal yang membuat amal baik orang tua tidak akan bisa dibalas oleh seorang anak. Mengapa? Karena perasaan orang tua kepada anak dan anak kepada orang tua jelas berbeda. Dan Rasulullah SAW menyuruh kita untuk amat berbakti pada orang tua:

Keridhoaan Allah itu terletak pada keridhoan orang tua, dan murka Allah itu terletak pada murka orang tua

Perasaan adalah hal yang membuat perbedaan penilaian amal baik di mata Allah. Mungkin kalau amal kita dibandingkan dengan amal orang tua, amal ibu menyuapi saya sekali tidak akan bisa dibalas dengan saya menyuapi ibu hingga ribuan kali. Ini salah satu contoh pentingnya perasaan dalam beramal, berbeda perasaannya, penilaian Allah pun berbeda.

Perasaan inilah hakikat daripada amal. Dan Allah mengancam orang yang tidak khusyu dalam sembahyangnya dalam Al-Quran

Maka celakalah orang-orang yang salat. Yaitu orang-orang yang lalai dalam sholatnya.

Sehingga marilah kita mengusahakan khusyu dalam sholat, ibadah dan seluruh kegiatan dalam hidup kita. Ya Allah dengan berkat Nabi-Mu, guruku dan orang tuaku, Engkau memberikan kepadaku perasaan khusyu pada Mu.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s